Senin, 28 Maret 2016

Cara Mengembangkan Bisnis Kelontong



Anda memiliki toko kelontong? Tapi penghasilan yang didapat dari toko kelontong anda masih cenderung tetap? Tidak usah berkecil hati , karena dia rtikel kali ini saya akan memberikan tips terkait cara mengembangkan bisnis kelontong anda.
1. Pahami penjualan
Pada umumnya perkembangan suatu bisnis atau usaha tergnatung pada penjualan yang dilakukan. Pahami cara-cara marketing yang baik untuk toko kita. Yang bisa kita lakukan adalah seperti perbanyak barang yang kita jual, hal ini bisa mempercepat perputaran modal yang ada di toko kita. Lakukan beberapa promosi untuk meningkatkan jumalah pembeli dan penjualan kita.

2. Perbesar toko
Cara lain utnuk membesarkan bisnis kelontong adalah dengan memperbesar toko kita. Karena semakin banyak barang yang dijual, semakin meningkat juga penjualan kita setiap harinya. Tapi jika toko anda tidak terlalu besar, maka perhatikan sistem penataan barangnya agar rapih dan kalau bisa sampai menyentuh langit-langit agar terlihat banyak persediaan barang kita.

3. Cermati barang unggulan
Perhatikan barang apa saja yng paling banyak terjual, yang paling sering dicari oleh pelanggan kita. Untuk barang yang paling banyak terjual, perbanyaklah jumlah mereka. Karena barang-barang tersebut akan meningkatkan penjualan kita lebih banyak.

4. Pertimbangkan soal harga
Pasti sudah tahu dong kalau sembako ini adalah bisnis yang menjamur di setiap daerah, bisnis yang memiliki banyak pesaing, juga bisnis komoditi yang harganya sudah ditentuka oleh pemerintah, shingga kita tidak bisa dengan luasnya menaikan harga. Oleh karena itu kita harus perhatikan hal ini. Carilah pembeda dari toko kita dengan toko sembako lainnya agar bisa terjasi banyak penjualan dari toko kita. Salah satu yang bisa menjadi perhatian adalah mengenai harga. Harga memang menjadi hal yang sensitif bagi para penjual ataupun pembeli. Coba untuk memberikan harga yang relatif murrah dengan sistem harga grosir dibanding toko sembako lainnya. Jika kita menjual dengan harga yang murah, pembeli pasti akan mencari toko kita meskipun toko kita ada di tempat yang jauh.
Bagaimana untuk memberikan harga yang murah? Caranya adalah berbelanjalah di agen sembako yang besar karena mereka akan memberikan harga yang relatif lebih murah kepada kita. Dengan begitu kita bisa menetapkan harga yang bisa bersaing di pasaran.

Oke itu beberapa cara untuk mengembangkan bisnis kelontong. Semoga bermanfaat.
Salam Pengusaha, Salam Sukses!

Kunjungi dan like facebook kami juga. Terimakasih :)
-Toko Sembako 99-

1 komentar:

  1. Sangat bermanfaat gan, sedikit saya kan berbagi info cara Mengembangkan Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran Terintegrasi di Sintesis Indonesia adalah Badan PR independen di Jakarta. Kami menyediakan komunikasi pemasaran dan konsultasi untuk membantu klien kami mencapai pengakuan publik, pendapatan yang lebih tinggi, dan peningkatan keterlibatan dengan para pemangku kepentingan terkait.http://synthesisindonesia.co.id/about/

    BalasHapus